Selasa, 01 November 2016

CATATAN KULIAH: MEDIA PEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN

Suatu media yang akan digunakan dalam pembelajaran dikenal sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini nantinya juga akan digunakan dalam mata pelajaran sejarah yang bermanfaat dalam membantu penyampaian materi. Media yang digunakan harus dapat merepresentasikan pesan serta sebagai sarana yang dimana dengan media pesan harus dapat tersampaikan (penyampaian pesan).
Definisi media menurut para ahli:
  • Briggs (1970)  
Media adalah sebagai alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa belajar.
  • Association for Educational Communication Technology (AET) (1971)
Media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi.
  •  Hamidjojo (1981)
Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebarkan ide sehingga gagasan tersebut sampai pada si penerima.

Fungsi Dari Media Pembelajaran:
1. Memperjelas penyajian pesan dan konsep yang abstrak ke konkrit. 

2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
- Obyek yang terlalu besar.
- Obyek yang terlalu kecil.
- Kejadian masa lalu.
- Obyek yang terlalu kompleks.
- Konsep yang terlalu luas.

3. Mengatasi sikap pasif siswa.
- Menimbulkan gairah belajar siswa.
- Menimbulkan interaksi secara langsung antara siswa dan lingkungan.
- Menjadikan siswa belajar mandiri.

Prinsip Dasar Pemilihan Media:
1. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan.
2. Pilihlah media yang memang sangat diperlukan.
3. Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif.
4. Sebelum media digunakan, harus direncanakan secara matang dalam penyusunan 
desain pembelajaran.
5. Hindari penggunaan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan atau sekedar pengisi 
 waktu kosong.
6. Harus senantiasa dilakukan persiapan yang cukup sebelum penggunaan media.


Pertimbangan Pembuatan Media:
1. Pilih jenis materi yang diperlukan (apakah video, animasi, teks, dll).
2. Adanya keterkaitan isi materi dengan tujuan dan aktivitas pembelajaran.
3. Materi yang dirancang tidak ketinggalan zaman.
4. Materi yang disajikan cukup lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
5. Pertimbangan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.

Syarat Pembuatan Media:
1. Visible (Mudah Dilihat).
2. Interesting (Menarik).
3. Simple (Sederhana).
4. Useful (Bermanfaat).
5. Accurate (Benar).
6. Legitimate (Sah, Masuk Akal).
7. Structure (Terstruktur).

Media yang dipergunakan dalam pembelajaran hendaknya dapat menyalurkan pesan dengan baik serta jelas kepada para peserta didik. Media pembelajaran salah satunya dapat berupa media visual. Media visual adalah media yang menghasilkan bentuk atau rupa (media peraga). Media ini menyalurkan pesan melalui bentuk atau rupa. Jenis media ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: 
1. Media visual 2 dimensi (pada bidang yang bersifat transparan). 
2. Media visual 3 dimensi (pada bidang yang memilki ukuran panjang, lebar, dan tinggi).
Dalam gaya belajar visual sendiri, kalau belum melihat belum dapat memahami pesan dengan baik, maka indra penglihatan memiliki peranan paling besar dalam membantu proses pembelajaran yang menggunakan media visual.

Tujuan Dari Adanya Media Visual:
1. Mengurangi kesamaran.
2. Mengurangi intepretasi pesan atau kesalahan pesan.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk berfikir.
4. Memberikan poin-poin yang penting dalam penyampaian pesan.

Beberapa bentuk atau contoh dari media pembelajaran visual, seperti chart, graphs, peta konsep, mind mapping, power point (PPT), dan prezi. Berikut akan disajikan bentuk-bentuk dari media visual dalam penyampaian Materi KD 3.6 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindhu-Budha di Indonesia sebagai berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar