MEDIA PEMBELAJARAN
Suatu media yang akan
digunakan dalam pembelajaran dikenal sebagai media pembelajaran. Media
pembelajaran ini nantinya juga akan digunakan dalam mata pelajaran sejarah yang
bermanfaat dalam membantu penyampaian materi. Media yang digunakan harus dapat
merepresentasikan pesan serta sebagai sarana yang dimana dengan media pesan
harus dapat tersampaikan (penyampaian pesan).
Definisi media menurut
para ahli:
- Briggs (1970)
- Association for Educational Communication Technology (AET) (1971)
Media adalah
segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi.
- Hamidjojo (1981)
Media adalah
segala bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebarkan ide sehingga
gagasan tersebut sampai pada si penerima.
Fungsi Dari Media Pembelajaran:
1. Memperjelas penyajian pesan dan konsep yang abstrak ke konkrit.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
1. Memperjelas penyajian pesan dan konsep yang abstrak ke konkrit.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
- Obyek yang terlalu besar.
- Obyek yang terlalu kecil.
- Kejadian masa lalu.
- Obyek yang terlalu kompleks.
- Konsep yang terlalu luas.
3. Mengatasi sikap pasif siswa.
3. Mengatasi sikap pasif siswa.
- Menimbulkan gairah belajar siswa.
- Menimbulkan interaksi secara langsung
antara siswa dan lingkungan.
- Menjadikan siswa belajar mandiri.
Prinsip Dasar Pemilihan Media:
1. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan.
2. Pilihlah media yang memang sangat diperlukan.
3. Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif.
4. Sebelum media digunakan, harus direncanakan secara matang dalam penyusunan
desain pembelajaran.
5. Hindari penggunaan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan atau sekedar pengisi
waktu kosong.
6. Harus senantiasa dilakukan persiapan yang cukup sebelum penggunaan media.
Pertimbangan Pembuatan Media:
1. Pilih jenis materi yang diperlukan (apakah video, animasi, teks, dll).
2. Adanya keterkaitan isi materi dengan tujuan dan aktivitas pembelajaran.
3. Materi yang dirancang tidak ketinggalan zaman.
4. Materi yang disajikan cukup lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
5. Pertimbangan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.
1. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan.
2. Pilihlah media yang memang sangat diperlukan.
3. Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif.
4. Sebelum media digunakan, harus direncanakan secara matang dalam penyusunan
desain pembelajaran.
5. Hindari penggunaan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan atau sekedar pengisi
waktu kosong.
6. Harus senantiasa dilakukan persiapan yang cukup sebelum penggunaan media.
Pertimbangan Pembuatan Media:
1. Pilih jenis materi yang diperlukan (apakah video, animasi, teks, dll).
2. Adanya keterkaitan isi materi dengan tujuan dan aktivitas pembelajaran.
3. Materi yang dirancang tidak ketinggalan zaman.
4. Materi yang disajikan cukup lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
5. Pertimbangan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.
Syarat Pembuatan Media:
1. Visible (Mudah Dilihat).
2. Interesting (Menarik).
3. Simple (Sederhana).
4. Useful (Bermanfaat).
5. Accurate (Benar).
6. Legitimate (Sah, Masuk Akal).
7. Structure (Terstruktur).
Media yang dipergunakan
dalam pembelajaran hendaknya dapat menyalurkan pesan dengan baik serta jelas
kepada para peserta didik. Media pembelajaran salah satunya dapat berupa media
visual. Media visual adalah media yang menghasilkan bentuk atau rupa (media
peraga). Media ini menyalurkan pesan melalui bentuk atau rupa. Jenis media ini
terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Media visual 2 dimensi (pada bidang yang
bersifat transparan).
2. Media visual 3 dimensi (pada bidang yang
memilki ukuran panjang, lebar, dan tinggi).
Dalam gaya belajar
visual sendiri, kalau belum melihat belum dapat memahami pesan dengan baik,
maka indra penglihatan memiliki peranan paling besar dalam membantu proses
pembelajaran yang menggunakan media visual.
Tujuan
Dari Adanya Media Visual:
1. Mengurangi kesamaran.
2. Mengurangi intepretasi pesan atau
kesalahan pesan.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk
berfikir.
4. Memberikan poin-poin yang penting dalam
penyampaian pesan.
Beberapa
bentuk atau contoh dari media pembelajaran visual, seperti chart, graphs, peta
konsep, mind mapping, power point (PPT), dan prezi. Berikut akan disajikan
bentuk-bentuk dari media visual dalam penyampaian Materi KD 3.6 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan
Hindhu-Budha di Indonesia sebagai berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar